kajian puisi arab - Umru'ul Qais
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Puisi adalah bentuk karya sastra
yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris yang bahasanya
terlihat indah dan penuh makna. Puisi Arab adalah puisi-puisi yang di tulis
oleh sastrawan arab. Jenis-jenis puisi Arab antara lain : 1. Puisi tradisional (asy-syi’r
al-multazim); 2. Puisi setengah bebas (asy-syi’r al-mursal); 3. Puisi bebas (asy-syi’r al-hurr), yang masing-masing memiliki
kelebihan dan ciri khas tersendiri.
Puisi Jahiliyyah adalah puisi yang
diciptakan di zaman Jahilliyah yang masih terikat dengan arudh dan qafiyah.
Banyak penyair yan terkenal pada masa ini. Salah satunya adalah Umrul Qais.
Yang terkenal dengan puisinya yang baik dalam pemilihan kata-kata, daya khayal
dan imajinasinya yang sangat luar biasa.
Sangat menarik bagi penulis
makalah ini untuk menganalisis puisi yang lama, puisi yang dalam bentuk
bahasanya masih murni, maknanya kadang tak bisa di sangka. Puisi Umrul Qais
yang menggambarkan tentang malam, malam yang mencekik nan menakutkan bagi tokoh
utamanya. Dengan tujuan untuk menerapkan ilmu arudh wa qafiyah serta
mengenalkan puisi Arab kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, maka
perumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut:
1) Bagaimanakah analisis arudh wa qafiyah dalam puisi karya
Umrul Qais
2) Siapakah Umrul Qais
3) Melihat puisi dari Aspek makna dan analisis strata norma
ingarden
C. Tujuan
Adapun tujuan ingin dicapai dari
penulisan makalah ini, antara lain:
1) Untuk mengetahui analisis ilmu arudh wa qafiyah dalam
puisi karya Umrul Qais
2) Untuk mengenal Umrul Qais
3) Menganalisis puisi karya Umrul Qais dari segi makna dan
analisis strata norma ingarden
BAB II
PEMBAHASAN
A. Teks Puisi
وليل كموج البحر أرخى سدوله
|
# علي بأنوع الهموم ليبتل
|
فقلت له لما تمطى بصلبه
|
# واردف اعجازا وناء بكلكل
|
اﻻايهاالليل الطويل اﻻ انجلى
|
# بصبح وما اﻻء صباح منك بأمثل
|
فيا لك من ليل كان نجومه
|
# بكل مغار الفتل شدت بيذ بل
|
“Malam bagaikan gelombang samudra yang menyelimutkan
tirainya padaku, dengan kesedihan untuk membencanaiku, aku berkata padanya kala
ia menggeliat merentang tulang punggungnya dan siap melompat menerkam
mangsanya, wahai malam panjang kenapa engkau tidak segera beranjak pergi yang
digantikan pagi yang tiada pagi seindah kamu, Oh… malam yang gemintangnya,
bagaikan terjerat ikatan yang kuat.”
B. Analisis
lapis suara :
a. al-‘Arudlh wa
al-Qowafiiy
ولَـيْـلٍ كَـمَـوْجِ الـبَـحْـرِ أَرْخَـى سُـدُوْلَــهُ* عَــلَـيَّ بِـأَنْـوَاعِ الـهُــمُــوْمِ
لِــيَــبْــتَــلِـي
وليلن كموجلبح ر أرخا
سدولهو * عليي بأنواعل
هموم ليبتلى
o/o// o/o/o//
o/o//
o//o//
/o//
o/o/o// /o//
o//o//
فعولن مفاعيلن
فعولن
مفاعلن فعول مفاعيلن
فعول مفاعلن
هذا البيت بحر الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن
اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك مقبوضة و حشوه في الشطر الثاني مقبوضة.
فَــقُــلْــتُ لَـهُ لَـمَّـا تَـمَــطَّــى
بِـصُــلْــبِـهِ * وأَرْدَفَ أَعْــجَــازاً وَنَـــاءَ بِــكَــلْـــكَــلِ
فقلت لهو لمما
تمططا بصلبهى وارد
فأعجازن وناء بكلكلى
/o//
o/o/o//
o/o// o//o// /o// o/o/o// /o// o//o//
فعول مفاعيلن
فعولن مفاعلن
فعول مفاعيلن
فعول مفاعلن
هذا البيت بحر الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن
اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني
مقبوضة.
ألاَ أَيُّـهَـا الـلَّـيْـلُ الـطَّـوِيْــلُ ألاَ
انْـجَـلِــي
* بِـصُـبْـحٍ
وَمَــا الإصْـبَـاحُ مـنِـكَ بِأَمْثَلِ
أﻻأي يهلليلط طويل
ألنجلى
بصبحن وملءصبا حمنك بأمثلى
o/o// o/o/o// /o//
o//o//
o/o// o/o/o// /o// o//o//
فعولن مفاعيلن
فعول
مفاعلن
فعولن مفاعيلن
فعول مفاعلن
هذا البيت بحر الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن
اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني
مقبوضة.
فَــيَــا لَــكَ مَــنْ لَــيْــلٍ كَــأنَّ
نُــجُــومَــهُ
* بــكــل
مُــغــار الـفــتـل شُــدّت بـيـذبل
فيا ل كمن ليلن
كأنن
نجومهو
بكلل مغارلفت لشددت بيذ بلى
/o// o/o/o// /o//
o//o// /o// o/o/o// o/o// o//o//
فعول مفاعيلن فعول
مفاعلن فعول
مفاعيلن فعولن مفاعلن
هذا البيت بحر الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن
اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني مقبوضة.
b. Aghradh
(Tujuan)
Pada
dasarnya penyair ini ingin mengutarakan akan nasibnya yang malang. Dimana
ketika malam dating hatinya bertambah resah. Penyair menggambarkan posisinya
yang sedang dilanda persoalan kehidupan dengan gambaran malam yang gelap
gulita. Bahkan, ia menyerupakan dengan gelombang samudera, ia ingin pembaca tahu
bahwa dia mempunyai persoalan yang amat pelik.
Syair diatas merupakan bukti kepandaian
penyair dalam me-washf-kan suatu keadaan. Seakan-akan peristiwa atau
keadaan tersbut benar terjadi adanya.
Kekhasan dalam keindahan syair ini ialah penyair tidak secara langsung
menjelaskan keresahan yang dialaminya. Bahkan ia membrikan perumpamaan terlebih
dahulu yang dekat dengan pengertian aslinya.
c. Tema
Adapun
tema dalam syi’ir ini ialah washf, yakni menggambarkan sesuatu
kejadian ataupun segala hal yang menarik, seperti menggambarkan jalannya
peperangan, keindahan alam dan sebagainya.
d. Jenis Syi’ir
Syi’ir
karangan Umrul Qais di atas merupakan syi’ir al-Multazim, karena syi’ir
tersebut mengikuti gaya prosodi yang tertuang dalam ilmu ‘arudl dan qawafi,
yang mana syi’ir di atas mengikuti salah satu bahr yang akan
dijelaskan selanjutnya, dan antara bait yang pertama dengan bait yang lainnya
memiliki persamaan. Dan memang pada dasarnya corak dari syi’ir jahiliy ialah
terikat dengan wazan dan qafiyah.
C. Analisis
lapis arti
a. lapis arti bait 1
وليل كموج
البحر أرخى سدوله # علي بأنوع الهموم ليبتل
Malam bagaikan gelombang samudra yang
menyelimutkan tirainya padaku, dengan kesedihan untuk membencanaiku
Pada
bait pertama, penyair menyampaikan dalam perumpamaan, ia merasa malam
itu benar-benar gelap bahkan mungkin terkesan mengerikan seolah-olah bencana
akan datang menghampiri dirinya.
b. lapis arti bait 2
واردف اعجازا
وناء بكلكل فقلت
له لما تمطى بصلبه #
aku berkata padanya kala ia menggeliat
merentang tulang punggungnya dan siap melompat menerkam mangsanya
pada bait kedua, penyair berusaha
menyampaikan kegelisahan dirinya yang semakin mejadi, ia merasa bahwa bencana
itu benar-benar akan datang kepadanya dan membuatnya menderita.
c. lapis arti bait 3
اﻻايهاالليل
الطويل اﻻ انجلى # بصبح وما اﻻء صباح منك
بأمثل
wahai malam panjang kenapa engkau tidak
segera beranjak pergi yang digantikan pagi yang tiada pagi seindah kamu
di bait ketiga, penyair menyampaikan bahwa ia
ingin malam cepat berganti pagi. Ia ingin masalah ini cepat selesai,
keselisahan yang dia rasa segera usai lalu bahagia kan menghampiri, begitu
harapnya.
d. lapis arti bait 4
فيا لك من ليل كان
نجومه #
بكل مغار الفتل شدت بيذ بل
Oh… malam yang gemintangnya, bagaikan
terjerat ikatan yang kuat
Di bait keempat, penyair menyampaikan bahwa
masalah yang ia alami benar-benar membuat ketakutan, kekompleksan masalah yang
ia rasakan.
D. Analisis lapis objek
Objek yang
disebutkan dalam puisi ini adalah :
malam
|
ليل
|
gelombang samudra
|
موج
البحر
|
Tirai
|
سدول
|
mangsa
|
كلكل
|
Pagi
|
صباح
|
gemintang
|
نجوم
|
E. Analisis
lapis dunia
Dalam
puisi ini penyair menggambarkan keresahan yang dialaminya. Pada dasarnya
penyair ini ingin mengutarakan akan nasibnya yang malang. Dimana ketika malam
dating hatinya bertambah resah. Penyair menggambarkan posisinya yang sedang
dilanda persoalan kehidupan dengan gambaran malam yang gelap gulita. Bahkan, ia
menyerupakan dengan gelombang samudera, ia ingin pembaca tahu bahwa dia
mempunyai persoalan yang amat pelik.
F. Analisis
metafisis
Dalam
puisi ini penyair mencoba menyampaikan bahwa masalah itu bukan untuk di
pikirkan melainkan untuk di selesaikan. Karena yang masalah yang dijadikan
pikiran akan menjadi beban. Lalu kemudian beban itu akan menyulitkan hidup
kita. Seperti yang di ceritakan dalam puisi ini, seseorang yang terlalu negative
thinking, sehingga ia merasa hidupnya amatlah menakutkan, seolah-olah badai
semakin mendekat lalu menimpah hidupnya.
G. Penyair
a. Biografi Umrul Qais
Beliau merupakan raja yang ‘sesat’, nama
lengkapnya ialah abu al-Harits Hunduj ibn Hajar al-Kindiy. Penyair Yaman dan bapak
penyair jahiliyyah. Nasab penyair ini termasuk ke dalam kalangan terhormat, ia anak seorang
raja Yaman yang bernama Hujur al-Kindi, sedangkan ibunya bernama Fatimah binti
Rabiah saudara Kulaib Taghlibiyyah, yaitu seorang perwira Arab
yang amat terkenal dalam peperangan al-Basus dan saudara dari Muhalhil, yang
juga seorang penyair.
Sejak kecil penyair ini dibesarkan di Nejed, di
tengah-tengah Bani Asad, rakyat ayahnya. Ia hidup di dalam kalangan keluarga
bangsawan yang gemar berfoya-foya. Kehidupannya sebagai anak seorang raja
berpengaruh sekali dalam pembentukan kepribadiannya. Ia memiliki kebiasaan
bermain cinta, bermabuk-mabukkan, dan melupakan segala kewajiban sebagai anak
raja yang seharusnya pandai mawas diri dan berlatih untuk memimpin masyarakat.
Ia kerapkali dimarahi oleh ayahnya karena perangainya yang buruk, bahkan akhirnya
dia diusir dari istana.
b. Karya Syi’ir Umrul Qais
Sebagian besar ahli sastra Arab berpendapat
bahwa diantara puisi-puisi al-Mu'allaqat, puisi Umrul qais merupakan puisi yang
paling terkenal dan menduduki posisi penting dalam khazanah kesusastraan Arab
Jahiliyyah. Mu'allaqat Umrul qais merupakan peninggalan yang paling monumental
yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan kesusastraan Arab pada
masa-masa selanjutnya. Puisi-puisinya seringkali dipakai sebagai referensi
dalam kajian ilmu-ilmu bahasa Arab seperti nahwu, sharf, maupun balaghah.
Umrul Qais dianggap orang pertama yang
menciptakan cara menarik perhatian dengan jalan Istikofus Sohby.
Selain itu, ia juga dianggap sebagai penyair pertama dalam mensifati kecantikan
seorang wanita dengan mengumpamakannya dengan seekor kijang yang panjang
lehernya yang dijadikan tanda untuk seorang wanita yang cantik.
H. Jiwa
Penyair
Orang yang mendalami puisi karya Umrul
Qais dengan mendalam maka dia akan mengerti bahwa keindahan syairnya terletak
pada caranya yang halus dalam syair ghazal-nya. Apalagi isti’arah dan
perumpamaanya yang begitu indah. Sehingga banyak orang beranggapan bahwa dialah
orang yang pertama menciptakan perumpamaan dalam syair Arab. Hanya saja
terkadang syairnya tidak luput dari perumpamaan yang cabul terutama ketika
membicarakan perempuan.
I. Emosi Penyair Dan Kepribadiannya
Umruul Qais dianggap sebagai pemimpin para
tokoh penyair piawai Jahiliyyah dan berada paling terdepan dalam klaster
pertama. Dia adalah orang yang pertama kali yang bagus sekali kata-katanya
dalam mengajak berhenti pada kawan, menangisi reruntuhan perkampungan,
menyerupakan wanita dengan kijang, burung unta dan telur, dan dalam melukiskan
kuda dengan binatang liar, dalam kelembutan pelukisan fisik wanita ( nasib),
pendekatan pengambilan kata-kata, bagusnya pengambilan kata kiasan (isti’arah),
dan variasi komparasi (tasybih). Hal itu karena luas khayal, imajinasinya
dengan banyak bepergian. Kadang-kadang dia berkata vulgar mengarah ke
fornografi dalam ungkapan-ungkapan kompaarasi kaum wanita dan tercium aroma
kecerdasan dan kepiawaian, serta tersirat indikasi kepemimpinan dan kerajaan.
Puisinya,
meskipun mengandung sifat kebadwian dalam ungkapan yang kering dan kasar,
dengan makna-makna yang seram tetapi kadang terlihat membayang dalam suatu
kemasan yang penampilannya indah, maknanya memukau, nasib-nya lembut, washfnya
akrab, mudah diserap, karena keindah-indah contoh dari peniruan dan tidak
mengatakan puisi untuk mencari kehidupan.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Puisi yang menjadi bahan analisis
ini merupakan puisi Jahiliyah karya Umrul Qais. Yang menggambarkan tentang
malam bagi seseorang yang sedang mempunyai masalah.
Puisi
ini merupakan jenis puisi al-multazim dengan tema washf yakni menggambarkan
suatu kejadian ataupun segala hal yang menarik. Adapun tujuan dalam penulisan
ini yakni penyair ini ingin mengutarakan akan nasibnya yang malang. Dimana ketika
malam dating hatinya bertambah resah. Penyair menggambarkan posisinya yang
sedang dilanda persoalan kehidupan dengan gambaran malam yang gelap gulita.
Bahkan, ia menyerupakan dengan gelombang samudera, ia ingin pembaca tahu bahwa
dia mempunyai persoalan yang amat pelik.
Analisis arudh wa Qafiyah puisi ini :
ولَـيْـلٍ
كَـمَـوْجِ الـبَـحْـرِ أَرْخَـى سُـدُوْلَــهُ*
عَــلَـيَّ
بِـأَنْـوَاعِ الـهُــمُــوْمِ لِــيَــبْــتَــلِـي
وليلن كموجلبح
ر أرخا سدولهو * عليي
بأنواعل هموم ليبتلى
o/o// o/o/o//
o/o//
o//o//
/o// o/o/o// /o// o//o//
فعولن
مفاعيلن فعولن
مفاعلن فعول
مفاعيلن فعول مفاعلن
هذا البيت بحر
الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك
مقبوضة و حشوه في الشطر الثاني مقبوضة.
فَــقُــلْــتُ
لَـهُ لَـمَّـا تَـمَــطَّــى بِـصُــلْــبِـهِ * وأَرْدَفَ
أَعْــجَــازاً وَنَـــاءَ بِــكَــلْـــكَــلِ
فقلت
لهو لمما تمططا
بصلبهى وارد فأعجازن
وناء بكلكلى
/o//
o/o/o//
o/o// o//o// /o// o/o/o// /o//
o//o//
فعول
مفاعيلن فعولن
مفاعلن فعول
مفاعيلن فعول مفاعلن
هذا البيت بحر
الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك
مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني مقبوضة.
ألاَ
أَيُّـهَـا الـلَّـيْـلُ الـطَّـوِيْــلُ ألاَ انْـجَـلِــي
* بِـصُـبْـحٍ وَمَــا الإصْـبَـاحُ مـنِـكَ بِأَمْثَلِ
أﻻأي
يهلليلط طويل
ألنجلى
بصبحن وملءصبا حمنك بأمثلى
o/o// o/o/o// /o//
o//o//
o/o// o/o/o// /o// o//o//
فعولن
مفاعيلن فعول
مفاعلن
فعولن مفاعيلن
فعول مفاعلن
هذا البيت بحر
الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك
مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني مقبوضة.
فَــيَــا
لَــكَ مَــنْ لَــيْــلٍ كَــأنَّ نُــجُــومَــهُ
* بــكــل مُــغــار الـفــتـل شُــدّت بـيـذبل
فيا ل
كمن ليلن كأنن
نجومهو
بكلل مغارلفت لشددت بيذ بلى
/o// o/o/o// /o//
o//o//
/o// o/o/o// o/o// o//o//
فعول
مفاعيلن فعول مفاعلن
فعول مفاعيلن فعولن
مفاعلن
هذا البيت بحر
الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك
مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني مقبوضة.
Umrul Qais merupakan raja yang ‘sesat’, nama lengkapnya
ialah abu al-Harits Hunduj ibn Hajar al-Kindiy. Penyair Yaman dan bapak penyair
jahiliyyah. Nasab penyair ini termasuk ke dalam kalangan terhormat,
ia anak seorang raja Yaman yang bernama Hujur al-Kindi, sedangkan ibunya
bernama Fatimah binti Rabiah saudara Kulaib Taghlibiyyah, yaitu seorang perwira Arab yang amat terkenal
dalam peperangan al-Basus dan saudara dari Muhalhil, yang juga seorang penyair.
Sejak
kecil penyair ini dibesarkan di Nejed, di tengah-tengah Bani Asad, rakyat
ayahnya. Ia hidup di dalam kalangan keluarga bangsawan yang gemar berfoya-foya.
Kehidupannya sebagai anak seorang raja berpengaruh sekali dalam pembentukan
kepribadiannya. Ia memiliki kebiasaan bermain cinta, bermabuk-mabukkan, dan
melupakan segala kewajiban sebagai anak raja yang seharusnya pandai mawas diri
dan berlatih untuk memimpin masyarakat. Ia kerapkali dimarahi oleh ayahnya
karena perangainya yang buruk, bahkan akhirnya dia diusir dari istana.
Umruul Qais
dianggap sebagai pemimpin para tokoh penyair piawai Jahiliyyah dan berada
paling terdepan dalam klaster pertama. Dia adalah orang yang pertama kali yang
bagus sekali kata-katanya dalam mengajak berhenti pada kawan, menangisi
reruntuhan perkampungan, menyerupakan wanita dengan kijang, burung unta dan
telur, dan dalam melukiskan kuda dengan binatang liar, dalam kelembutan
pelukisan fisik wanita ( nasib), pendekatan pengambilan kata-kata, bagusnya
pengambilan kata kiasan (isti’arah), dan variasi komparasi (tasybih). Hal itu
karena luas khayal, imajinasinya dengan banyak bepergian. Kadang-kadang dia
berkata vulgar mengarah ke fornografi dalam ungkapan-ungkapan kompaarasi kaum
wanita dan tercium aroma kecerdasan dan kepiawaian, serta tersirat indikasi
kepemimpinan dan kerajaan.
تحليل الشعر من قبل أومرول قيس
وليل كموج
البحر أرخى سدوله
|
# علي
بأنوع الهموم ليبتل
|
فقلت له لما
تمطى بصلبه
|
# واردف
اعجازا وناء بكلكل
|
اﻻايهاالليل
الطويل اﻻ انجلى
|
# بصبح
وما اﻻء صباح منك بأمثل
|
فيا لك من ليل
كان نجومه
|
# بكل
مغار الفتل شدت بيذ بل
|
نص
الشعر
تحليل العرود والكوفية
ولَـيْـلٍ
كَـمَـوْجِ الـبَـحْـرِ أَرْخَـى سُـدُوْلَــهُ*
عَــلَـيَّ
بِـأَنْـوَاعِ الـهُــمُــوْمِ لِــيَــبْــتَــلِـي
وليلن كموجلبح
ر أرخا سدولهو * عليي
بأنواعل هموم ليبتلى
o/o// o/o/o//
o/o//
o//o//
/o// o/o/o//
/o// o//o//
فعولن
مفاعيلن فعولن
مفاعلن فعول
مفاعيلن فعول مفاعلن
هذا البيت بحر
الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك
مقبوضة و حشوه في الشطر الثاني مقبوضة.
فَــقُــلْــتُ
لَـهُ لَـمَّـا تَـمَــطَّــى بِـصُــلْــبِـهِ
* وأَرْدَفَ أَعْــجَــازاً وَنَـــاءَ
بِــكَــلْـــكَــلِ
فقلت
لهو لمما تمططا
بصلبهى وارد فأعجازن
وناء بكلكلى
/o//
o/o/o//
o/o//
o//o// /o//
o/o/o//
/o// o//o//
فعول
مفاعيلن فعولن
مفاعلن فعول
مفاعيلن فعول مفاعلن
هذا البيت بحر
الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك
مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني مقبوضة.
ألاَ أَيُّـهَـا الـلَّـيْـلُ الـطَّـوِيْــلُ
ألاَ انْـجَـلِــي * بِـصُـبْـحٍ
وَمَــا الإصْـبَـاحُ مـنِـكَ بِأَمْثَلِ
أﻻأي
يهلليلط طويل
ألنجلى
بصبحن وملءصبا حمنك بأمثلى
o/o//
o/o/o//
/o// o//o//
o/o// o/o/o// /o//
o//o//
فعولن
مفاعيلن فعول
مفاعلن
فعولن مفاعيلن
فعول مفاعلن
هذا البيت بحر
الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك
مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني مقبوضة.
فَــيَــا
لَــكَ مَــنْ لَــيْــلٍ كَــأنَّ نُــجُــومَــهُ
* بــكــل مُــغــار الـفــتـل شُــدّت بـيـذبل
فيا ل كمن
ليلن كأنن
نجومهو
بكلل مغارلفت لشددت بيذ بلى
/o//
o/o/o//
/o// o//o// /o// o/o/o// o/o//
o//o//
فعول
مفاعيلن فعول
مفاعلن فعول
مفاعيلن فعولن مفاعلن
هذا البيت بحر
الطويل عروضه مقبوضة لأنه حذف الخامس الساكن اصله مفاعيلن صارت مفاعلن و ضربه كذلك
مقبوضة و حشوه في الشطر الاول و الثاني مقبوضة.
سيير أعلاه هو عمل أومرول قيس, سيير الذي ينتمي إلى مجموعة سيير الملتزم وموضوع واشف, الذي يصف شيء الأحداث
أو كل شيء مثير للاهتمام, مثل وصف مسار الحرب, وجمال الطبيعة وهكذا دواليك. بهدف:
الإعراب عن مصيره المؤسف. أين ليلة يؤرخ قلبه الحصول على لا يهدأ. الشاعر يصف
موقفه الذي يتعرض لمشكلة الحياة مع صورة ليلة مظلمة. في الواقع، وقال انه يحب
موجات المحيط, وقال انه يريد من القارئ أن يعرف أن لديه مشكلة معقدة للغاية. في هذا الشاعر الشاعر يصف الاضطرابات التي
شهدها. في الأساس هذا الشاعر يريد أن يعبر عن مصيره المؤسف. أين ليلة يؤرخ قلبه
الحصول على لا يهدأ.
الشاعر والقصيدة
أومرول قيس
هو ملك "مضلل"، اسمه الكامل هو أبو الحارث هندوج بن حجر الكندي. الشاعر اليمني والد الشاهلية الشاهرية. هذا الشاعر نصاب ينتمي إلى الدائرة الشرفاء, وهو ابن ملك يمني يدعى هوجر الكندي، في حين أن والدته فاطمة بنت ربيعة شقيق كليب تغليبية. وهو ضابط عربي مشهور جدا في معركة الباسوس وشقيق محهل, الذي أيضا شاعر. يعتبر أومرول قيس أول شخص لخلق وسيلة لجذب الانتباه مع مسار إستيكوفوس سوهبي. وبالإضافة إلى ذلك، فهو يعتبر أيضا الشاعر الأول في جمال منسفاتي من امرأة عن طريق تشبيه ذلك إلى الغزلان طويلة التي تستخدم الرقبة كعلامة على امرأة جميلة.
هو ملك "مضلل"، اسمه الكامل هو أبو الحارث هندوج بن حجر الكندي. الشاعر اليمني والد الشاهلية الشاهرية. هذا الشاعر نصاب ينتمي إلى الدائرة الشرفاء, وهو ابن ملك يمني يدعى هوجر الكندي، في حين أن والدته فاطمة بنت ربيعة شقيق كليب تغليبية. وهو ضابط عربي مشهور جدا في معركة الباسوس وشقيق محهل, الذي أيضا شاعر. يعتبر أومرول قيس أول شخص لخلق وسيلة لجذب الانتباه مع مسار إستيكوفوس سوهبي. وبالإضافة إلى ذلك، فهو يعتبر أيضا الشاعر الأول في جمال منسفاتي من امرأة عن طريق تشبيه ذلك إلى الغزلان طويلة التي تستخدم الرقبة كعلامة على امرأة جميلة.
ويعتبر أمروول قيس قائدا للشاعر الجهلي الكبير,
وهو في طليعة المجموعة الأولى. هو أول شخص يلقى كلماته في وقف أصدقائه، يبكي على
أنقاض القرية, يقرأ امرأة بغزلان، نعامة وبويضة, وفي تصوير حصان مع حيوان بري, في
ليونة المرأة المادية (مصير) وأخذ الكلمات, وحسن الخطاب التصويري (الاستثناء),
والتباين المقارن (التشبيح). وبسبب المشهد الخيالي، خياله مع الكثير من السفر. في
بعض الأحيان يقول المبتذلة يؤدي إلى التنظير في التعبيرات المقارنة للنساء ورائحة
الذكاء والإبداع, ومؤشرات ضمنية للقيادة والإمبراطورية.
Komentar
Posting Komentar